1. Berita Terkini

Evakuasi WNI ABK Diamond Princess dari Indramayu-Pulau Sebaru Ditempuh 15 Jam

Sebanyak 69 WNI anak buah kapal (ABK) Diamond Princess akan tiba di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati malam ini. Mereka akan melanjutkan perjalanan ke lokasi observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu dari Pelabuhan PLN Sumuradem, Indramayu dengan waktu tempuh 15 jam.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan 69 WNI ABK Diamond Princess akan dievakuasi ke Pulau Sebaru dengan KRI dr Soeharso. Budi mengatakan KRI dr Soeharso juga akan dikawal dengan kapal tunda.
“Kapal KRI Suharso sudah siap. Ke sana (Pulau Sebaru Kecil) membutuhkan waktu 15 jam,” kata Budi kepada awak media di BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020).

Budi menerangkan WNI ABK Diamond Princess bakal disemprot cairan desinfektan saat tiba di kapal. Tak hanya itu, ABK juga diwajibkan untuk mengganti bajunya.
“Sifatnya bukan pemeriksaan, kita lakukan penyemprotan desinfektan. Kalau pemeriksan memang ada, untuk pemeriksaan ada, tapi sifatnya untuk memeriksa panas dan sebagainya,” kata Budi.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan 69 ABK bakal didesinfektan sebelum turun dari pesawat saat tiba di BIJB. Mereka juga akan kembali didesinfektan ketika tiba di pelabuhan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.
“Akan didesinfektan sebelum dibawa ke bus. Di dalam pesawat kita lakukan pemeriksaan mendetail, kita lakukan desinfektan,” kata Terawan di BIJB, Minggu (1/3).
“Turun dari bus akan didesinfektan lagi. Kemudian, di dalam kapal nanti mereka melakukan pergantian, mandi, ganti baju dan didesinfektan,” kata Terawan.

Komentar untuk: Evakuasi WNI ABK Diamond Princess dari Indramayu-Pulau Sebaru Ditempuh 15 Jam
< Tutup

Populer

Pos-pos Terbaru