1. Gaya Hidup

Bonsai Robert Steven: Mengenal Lebih Dekat Cerita Dan Pengalaman Bonsai Sang Master

LAMAN Webecoist.com menyebut hanya ada enam master bonsai yang karyanya dinilai luar biasa di dunia. Yaitu, John Naka, Ben Oki, Masahiko Kimura, Lindsey Bebb, Qunquan Zhao, dan Robert Steven. Nama yang terakhir itu adalah orang Indonesia.
 
KETERTARIKAN Robert pada dunia bonsai muncul tanpa sengaja pada 1980-an. Bermula dari jalan-jalan ke Puncak, Bogor, dia melihat sebuah pohon kerdil yang indah. Dia lalu membelinya.

“Sejak itu saya tertarik membuat bonsai. Nggak pakai sekolah khusus karena memang saya suka seni lukis dan patung,” ujar Robert saat ditemui di rumahnya, Jl Batu Tulis VIII No 27-A, Jakarta Pusat, pekan lalu.
Praktis, Robert hanya mengandalkan insting seninya dalam membuat bonsai. Tak lama kemudian, pria kelahiran Binjai, 1958, tersebut bergabung dengan PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia). “Nah, justru dari situlah saya mulai bingung karena bonsai saya dikritik. Mereka bilang ini salah, nggak sesuai pakem, nggak sesuai aturan,” ungkapnya.
Tapi, di dalam hati, Robert berontak. Dia hampir saja memutuskan untuk tidak lagi mendalami bonsai. Sebab, dia menganggap hobi bonsai tidak sesuai dengan cita rasa seninya yang meledak-ledak.
Suratan takdir berkata lain. Menteri kehakiman waktu itu, Ismail Saleh, yang merupakan penasihat PPBI mengajak Robert belajar bonsai ke Tiongkok. Alasannya sederhana, Robert bisa berbahasa Mandarin sehingga bisa menjadi penerjemah sekaligus belajar tentang bonsai yang memang berasal dari Tiongkok sejak lebih dari 1.300 tahun lalu.
Di Tiongkok, Robert mendapat pencerahan mengenai seni bonsai yang lain dari biasanya. “Di sana tidak diajarkan mengenai peraturan-peraturan, tapi falsafah serta aspek seni dan estetikanya. Saya pikir inilah yang bener karena seni itu memang nggak ada aturannya, nggak ada benar nggak ada salah,” tegasnya.

Penyumbang
Komentar untuk: Bonsai Robert Steven: Mengenal Lebih Dekat Cerita Dan Pengalaman Bonsai Sang Master
< Tutup

Populer

Pos-pos Terbaru